Profile

05072012394

Musik seperti sebuah  misteri

Berbahagialah bagi yang bisa menikmati keindahan alunan melodi

Berbahagialah bagi yang bisa menikmati gema harmoni paduan suara
Berbahagialah jika kita mampu memberikan kebahagiaan bagi sesama
Walau hanya sepotong melodi yang bagi orang lain tak lagi berarti
Jagalah hati agar tetap suci dan turuti kata hati agar  tidak menyakiti
Walau dia masih tersenyum yang mungkin hanyalah basa-basi
Berhentilah untuk menyakiti walau hanya setiti
Jadi, turutilah kata hati
seperti rangkaian melodi yang  membentuk simponi
Jika kau bisa menikmati,
kau akan temui kebahagiaan di hati

Suharto dilahirkan di Brebes 1965.

Pengalaman mengajar  dimulai di Jakarta tahun 1987, yaitu  di SMA 53 Jakarta, SMA Al-Washliyah Jakarta, SMA Taman Siswa Jakarta, dan SMA Yapenda Jakarta.

Sekarang bertugas di Jurusan Sendratasik FBS UNNES.

Di samping mengajar saya juga ikut mengelola Jurnal Harmonia,  sebagai ketua editor. Di sinilah saya betah berlama-lama menekuni pekerjaan yang menurut teman-teman aku sebagai “orang gila”. Dikatakan gila karena pekerjaan ini tak terbatas tetapi tidak ada imbalan materi yang berarti. Tapi saya tak peduli, kenyataannya  sudah lebih dari 11 tahun (sejak 2001) saya menikmati. Ada rasa senang saat saya membaca dan me-review artikel-artikel dari berbagai penjuru tanah air. Di situlah saya  belajar.

Organisasi profesi yang saya ikuti  antara lain Ikatan Sarjana Pendidik Seni (ISPI), sayangnya organisasi ini kurang aktif. Organisasi profesi yang lebih banyak  sayaikuti adalah  International Society for Music Education,  organisasi ini lebih  ngopeni anggotanya dengan memberikan buletin bulanan (tercetak), email-email kegiatan di beberapa negara, dan kiriman buku jurnal internasioanal serta langganan akses gratis International Journal of Music Education. Yang cukup menantang adalah keterlibatan saya sebagai  Editor (reviewer)  pada lembaga pengindeks jurnal internasional yaitu

Directory of Open Access Journals (DOAJ) yang berpusat di Lund University, Swedia.  Ternyata pekerjaanya lebih gila karena cukup banyak  jurnal  dengan berbagai disiplin ilmu yang  harus direview setiap saat, agar bisa terindeks di DOAJ. Karena keseriusannya aku di sini tahun 2015 DOAJ memberi penghargaan sebuah sertificate of Exellence in Reviewing.

Alamat email: harto1965@gmail.com

Web blog: http://catatanpakharto.com

menikah dengan Sri Ambarwangi tahun 1993